ARTIKEL


10 Manfaat Penggunaan Bakteri Pengurai Bio Septic Tank yang Jarang Diketahui!

Kehadiran bio septic tank menjadi bentuk terobosan baru dalam dunia sanitasi dan pengolahan limbah kotoran manusia.

Tapi, sayangnya masih banyak orang yang belum mengetahui apasih manfaat dari penggunaan bio septic tank dan cara kerja bakteri pengurainya.

Bio septic tank umunya bisa berfungsi secara normal hingga berpuluh-puluh tahun. Ketahanannya inilah yang membuat bio septic tank saat banyak diminati oleh keperluan rumah tangga hingga industri.

Namun, perlu diketahui untuk menjaga performa cara kerja bio septic tank, kita juga harus menambahkan bakteri pengurai septic tank.

Terdapat beberapa jenis bakteri bio septic tank, ada yang berbentuk tablet, serbuk hingga cairan. Bakteri pengurai ini mengandung starter bakteri dan bahan alami lainnya.

Dari sinilah terbentuk bifido bacteria atau bakteri yang menguntungkan, sehingga lebih mempercepat proses pembusukan limbah organik dengan cepat.

Tak hanya berhasil menghilangkan bau yang tidak sedap. Penggunaan bakteri bio septic tank juga memiliki manfaat sebagai berikut:

 

1.      Mampu menguraikan lemak dan kotoran tinja yang mengerak di dinding septic tank

 

2.      Menjaga populasi bakteri pengurai di dalam bio septic tank, sehingga menjadikannya tidak cepat penuh

 

3.      Menyeimbangkan koloni bakteri pengurai yang ada di dalam bio septic tank, sehingga mampu bekerja secara alami dengan mikroba pengurai lainnya

 

4.      Penggunaan bakteri pengurai yang cukup mudah untuk menjaga performa bio septic tank. Tanpa harus membongkar septic tank atau melakukan sedot tinja.

 

5.      Terbuat dari bahan alami, sehingga tidak membahayakan lingkungan sekitar dan aman digunakan dalam skala luas

 

6.      Sistem resapan mampu bekerja secara lancar karena tinja bisa terurai sempurna

 

7.      Penggunaan bakteri pengurai yang mampu mengendalikan bakteri pathogen, sehingga dapat meminimalisir resiko pencemaran sumber mata air atau sarang penyakit.

 

8.      Mengurangi frekuensi untuk penyedotan septic tank karena performa bio septic tank yang tidak mudah penuh

 

9.      Penggunaan bakteri pengurai bio septic tank lebih aman dan tidak mengakibatkan kerusakan pipa ataupun dinding septic tank. Jika di bandingkan dengan penggunaan soda api atau bahan kimia lainnya.

 

10.  Meminimalisir adanya potensi mampat di saluran pipa

 

Bagaimana canggihkan cara kerja bakteri pengurai dari bio septic tank? Yukk mulai beralih dari penggunaan septic tank konvensional ke ASJ bio septic tank. Lebih hemat, makin sehat!